Selasa, 01 Maret 2011

Mengatasi RF-kill

kring..kring... Telfon berdering, biasanya ada troubel di kantor yang mesti di perbaiki, tau-taunya salah seorang pegawai di kantor melapor kalau koneksi internetnya terputus, tanpa berlama-lama saya coba turun ke bawah (Lumayan.. Lantai 4 Ke Lantai 2) hehehe....

Kebetulan pegawai itu menggunakan wifi, Pertama saya pastikan sakelar wifinya dalam posisi ON, sip.. sekarang wifinya sudah dalam posisi ON.. tapi kok warna lampunya masih orange, saya pun penasaran dan membuka terminal... saya lakukan perintah "ip a" dan ternyata wlan0 masih dalam posisi down. saya coba untuk up-kan "ifconfig wlan0 up" dan kita tampilkan pesan errornya :

Error Messege :

# ifconfig wlan0 up
SIOCSIFFLAGS: Operation not possible due to RF-kill

Waduh... GASWAT...!!! seumur-umur saya pake Linux, baru kali ini saya dapat pesan error macam nih.. dengan senyuman saya sampaikan ke pegawai kalau untuk sementara koneksinya pakai kabel dulu.. xixixixix.... :)

Selama 2 hari browsing di google.com akhirnya saya menemukan solusinya di situs resmi makassar-slackers yang di posting langsung sama Bang Arman... Thank's Bang Arman, adapun penjelasan Bang Arman mengenai RF-kill yakni :

rfkill adalah sebuah modul di kernel yang berguna untuk mematikan pemancaran wireless jika wireless tersebut dinonaktifkan mulalui sakelar maupun kombinasi tombol, dan ternyata rfkill juga merupakan sebuah tool untuk mengetahui status dari wireless.

Tanpa panjang lebar saya langsung mendownload paket rfkill, upstt.. kebetulan pegawai tadi menggunakan Linux Ubuntu, jadi saya tdk perlu repot mendownload cukup dengan perintah :

# apt-get install rfkill (hehehehe........)

Setelah terinstall saya pun langsung eksekusi program tersebut, dan ternyata selama ini memang wifi terblok namun saya unblock dengan perintah :

# rfkill unblock wifi

Alhasil sekarang wifi sudah bisa dipakai lagi dan lampu indikator sudah berwarna biru.. :)

Bagi Pengguna SLACKWARE, silahkan download paket rfkill di link ini :

http://www.4shared.com/file/a9E0kn2k/rfkill-04-i486-1_SBo.html


Bookmark and Share

1 Komentar:

Anonim mengatakan...

Wahh keren om tutornya :D makasih nih, solved jadinya laptop ane :D

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Comment


ShoutMix chat widget

Cari Blog Ini

Google Search

Top Friends


GILA LINUX | Template Ireng Manis © 2010 Free Blogger Template Ajah for DheTemplate.com - New Free Blogger Template Everyday